Puisi Ilalang



Hari ini aku adalah sebuah ilalang. Jika hari kemarin dia berteriak aku adalah sebuah rumput liar, hari ini Tuhan mengijinkanku menjadi ilalang.

Jika aku adalah sebuah ilalang, aku tak perlu takut. Aku akan tetap tumbuh dimanapun akarku akan berpijak.

Jika aku adalah sebuah ilalang, aku tak perlu takut. Aku tak akan mati meski diinjak. Aku akan berdiri tegak lagi. Lama atau cepat, tergantung seberapa rusak bentukku. Seberapa dalam kaki manusia membenamkanku, tubuhku bercumbu dengan tanah.

Jika aku adalah sebuah ilalang, tapi aku tak akan tumbuh di tanah berbatu. Juga bukan di tanah becek yang tertutup dedaunan lebat. Aku hanya akan tumbuh ditanah yang subur. Pun dengan sinar matahari yang cukup dan aku akan terlihat dengan jelas. Aku akan menjadi dominan. Akarku berpijak dan tempat itu adalah milikku.

Jika aku adalah sebuah ilalang, aku akan takut pada angin. Meski dengan angin aku belajar menari.  Belajar berbisik dan bernyanyi. Tak membuatku selalu berdiri tegak seperti tiang pancang. Dan inilah yang aku takutkan. Ujungku akan mengikuti arah angin. Seolah akarku tak cukup mampu melawan kehendak angin. Hanya bergerak menuju kemana angin menghempas.

Jika aku adalah sebuah ilalang, aku membutuhkan angin. Berharap angin menerbangkan serbukku, memperluas daerah kekuasaan. Bukan angin sekedarnya, angin yang memang aku inginkan.  Menuju kesana, dimana aku akan kembali bermuara.


Jika aku adalah sebuah ilalang. Ini bukan tentang jika aku menjadi sebuah ilalang. Aku berkaca pada hamparan air, dan aku melihat diriku memang sebuah ilalang. Tak untuk mati hanya sekedar diinjak meski semudah itu aku bergerak mengikuti hempasan arah angin. 



----- Jika aku boleh disisimu seperti sebuah ilalang, jangan cabut akarku.------

Komentar

  1. Bagus .. Banget.. :)

    BalasHapus
  2. keren ....

    jangan lupa kunjungi kami di website kami

    BalasHapus
  3. information is very bermmanfaat once.
    Actual yes awaited return other information. Semangatttt. . . . .

    BalasHapus
  4. Sukaaaa sekali..ijin share ya mbak. Trims

    BalasHapus

Posting Komentar